Kapal Terbakar di Teluk Jakarta, 10 ABK Selamat

Jumat, 15 April 2022 23:55 WIB

Share
Kapal Terbakar di Teluk Jakarta, 10 ABK Selamat
Foto ist

SUMBAR.POSKOTA.CO.ID - Kapal penangkap ikan KM Angke Jaya 2 terbakar di perairan Teluk Jakarta, ditolong personel KRI Teuku Umar-385 yang tengah beroperasi patroli keamanan dan kedaulatan di laut, Kamis (14/4/2022). Sebanyak 10 awak kapal tersebut dinyatakan selamat. 

Proses evakuasi dimulai saat melihat kepulan asap dari kejauhan lalu mereka mendekati dan mengidentifikasi kapal itu dengan cara kontak secara visual, kata Komandan KRI Teuku Umar-385, Letnan Kolonel Laut (P) Faisal Yanova Tanjung, dalam keterangan tertulisnya, di Jakarta, Jumat (15/4/2022). 

Kondisi kapal yang terbakar, ujarnya, cukup besar mengakibatkan KRI Teuku Umar-385 tidak dapat berbuat banyak untuk memadamkan api yang telah membakar sekitar 80 persen kapal penangkap ikan itu.

“Beruntung 10 awak kapal telah meninggalkan kapal ketika menyadari kebakaran tidak dapat ditanggulangi,” kata Tanjung.

Ke-10 awak kapal yang juga sebagai nelayan itu, diperiksa kesehatannya sebelum dititipkan pada kapal ikan lain, KM Blessing 03, yang melintas di sekitar lokasi kejadian menuju Pelabuhan Muara Angke, Jakarta.

Usai menitipkan ke-10 awak kapal ke KM Angke Jaya 2 yang terbakar itu, KRI Teuku Umar-385 melanjutkan patroli menuju sektor operasi yang telah ditentukan dan penyebab kebakaran dan perkiraan besarnya kerugian masih dalam penyelidikan pihak berwenang.

Di tempat terpisah Panglima Komando Armada I TNI AL, Laksamana Muda TNI Arsyad Abdullah, mengapresiasi atas upaya pertolongan jajarannya.

Sesuai instruksi Kepala Staf TNI AL, Laksamana TNI Yudo Margono, agar keberadaan TNI AL di mana saja harus dapat memberikan manfaat bagi masyarakat sekitar, terutama masyarakat pengguna laut.

“Prajurit TNI AL jangan ragu-ragu memanfaatkan sarana dan prasarana yang ada termasuk sistem kesenjataannya guna kepentingan kemanusiaan,” kata Abdullah. (*)

Reporter: Yusrizal Karana
Editor: Admin Local
Sumber: -
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar