Hadapi Pemudik, Gubernur Minta OPD Pastikan Tak Ada Pungutan Liar atau Pemalak

Jumat, 15 April 2022 22:08 WIB

Share
Hadapi Pemudik, Gubernur Minta OPD Pastikan Tak Ada Pungutan Liar atau Pemalak
Gubernur Sumbar memimpin Rakor menghadapi libur Idul Fitri 1443 H (Foto Dinas Kominfotik Pemprov Sumbar)

SUMBAR.POSKOTA.CO.ID - Gubernur Sumbar Mahyeldi meminta kepada seluruh organisasi perangkat daerah (OPD) agar memerhatikan kenyamanan destinasi wisata untuk menyambut para perantau yang ingin pulang kampung. Karena itu, pastikan tak ada pungli atau pemalak. 

Hal itu disampaikan gubernur saat rapat koordinasi dalam rangka kesiapan menghadapi mudik Hari Raya Idul Fitri 1443 H/2022, di ruang rapat Istana Kompleks Gubernuran, Jalan Sudirman, Padang, Jumat (15/4/2022).

Rakor juga dihadiri Wakil Gubernur Audy Joinaldy, sekda, asisten, kepala OPD di lingkungan Pemprov Sumbar, ketua BPPD Sumbar dan tim TPSM Sumbar. 

Kenyamanan destinasi wisata mendapat perhatian khusus Gubernur. Antara lain penataan parkir di lokasi wisata, toilet yang representatif, tempat sholat yang bersih, soal sampah, potensi kemungkinan pungli dan pemalak di lokasi wisata, termasuk adanya kepastian tarif makanan yang jelas di restoran.

Agar perantau merasa nyaman pulang kampung, katanya, pastikan di lokasi wisata terbebas dari hal-hal yang dapat merusak kepariwisataan kita. 

Antara lain, soal ketersediaan dan kebersihan toilet, adanya tempat sholat yang bersih, penyediaan tempat sampah yang cukup, ketertiban perparkiran. 

"Pastikan kemungkinan pungli dan atau pemalakan tidak ada," tandas gubernur. 

Selain itu, katanya, juga diminta kepada restoran atau rumah makan baik di lokasi wisata atau di mana pun agar membuat daftar harga, sehingga tidak muncul persoalan di belakang hari. 

"Soal harga makanan di restoran ini dulu pernah jadi persoalan dan saya tidak ingin peristiwa itu terulang lagi," tegas Mahyeldi. 

Gubernur juga meminta kepada semua pihak, agar segera berkoordinasi, termasuk juga Badan Promosi Pemerintah Daerah (BPPD) agar berperan menyosialisasikan hal ini kepada semua pihak, sehingga para perantau merasa nyaman pulang kampung. 

Halaman
Reporter: Yusrizal Karana
Editor: Admin Local
Sumber: -
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar