Polres Agam Siap Dampingi Anak Nagari Jadi Anggota Polri

Rabu, 6 April 2022 10:09 WIB

Share
Foto: Ilustrasi
Foto: Ilustrasi

SUMBAR.POSKOTA.CO.ID - Kapolres Agam AKBP Ferry Ferdian S.IK menyatakan siap melakukan pendampingan kepada anak nagari di Kabupaten Agam yang ingin melamar menjadi anggota Polri.

Untuk itu, ia sudah membentuk panitia bantuan penerimaan (Pabanrim), guna melayani dan memberikan informasi serta melakukan pendampingan.

"Pabanrim ditugaskan memeriksa kelengkapan administrasi surat, kesehatan, tinggi dan berat badan para pelamar," ujar kapolres, Rabu (6/4/2022).

Ia menjelaskan, prinsip dasar rekrutmen anggota Polri adalah bersih, transparan, akuntabel dan humanis.

Karena itu, katanya, semua tahapan seleksi dilakukan secara terbuka sehingga seluruh peserta seleksi bisa melihat hasil seleksi di setiap tahapan, mulai dari proses penerimaan berkas, pemeriksan administrasi, kesehatan, tes akademik, psikotes, dan kesamaptaan dan jasmani.

"Semua proses kelulusan selalu dalam pengawasan," paparnya.

Guna mewujudkan prinsip transparansi, Polri telah memiliki aplikasi WBS (Wishle Blowing System) untuk melaporkan bila ada kecurangan.

Dengan adanya aplikasi ini, katanya, pendaftaran tidak bisa menggunakan uang, sponsor, apa lagi backing.


Polres Agam akan bangga dan dikatakan berhasil membina generasi mudanya jika banyak anak nagari Kabupaten Agam lulus dalam rekrutmen tahun ini, ulas Ferry.

Kabag SDM Polres Agam AKP Malkani menyampaikan, proses pendaftaran dimulai secara online pada website Polri  https://penerimaan.polri.go.id, kemudian dilanjutkan dengan penyerahan administrasi ke Polres/ta tempat domisili.

Untuk pendaftaran online dan verifikasi taruna/i mulai 30 Maret sampai 18 April 2022, dan untuk pendaftaran online dan verifikasi Bintara Polri mulai dari 31 Maret 2022 sampai 11 April 2022.

Diketahui, pada 2021, ada 13 anak nagari Kabupaten Agam yang lulus murni menjadi anggota Polri.

Ketua Tim Rikmin Aipda Deni Trio Putra mengingatkan, rekrutmen kali ini waktunya hanya 12 hari. Karena itu pelamar segera melengkapi segala persyaratan. (Ghina)

Reporter: Yusrizal Karana
Editor: Yusrizal Karana
Sumber: -
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar
Berita Terpopuler