Gubernur Sumbar Imbau Bupati dan Walikota Fasilitasi Disabilitas

Rabu, 30 Maret 2022 06:59 WIB

Share
Foto Dinas Kominfotik Pemprov Sumbar
Foto Dinas Kominfotik Pemprov Sumbar

SUMBAR.POSKOTA.CO.ID - Gubernur Sumbar Mahyeldi menyatakan komitmennya menghadirkan kesetaraan bagi seluruh warganya, termasuk memfasilitasi kelompok masyarakat penyandang disabilitas. Gubernur juga mengimbau bupati dan walikota menyiapkan fasilitas dan sarana yang ramah bagi disabilitas.

"Sudah menjadi tugas kita untuk memfasilitasi sarana dan prasarana yang ramah disabilitas karena banyak potensi yang bisa dihadirkan dari para penyandang disabilitas," ujarnya 
saat diwawancarai usai membuka Musrenbang RKPD Provinsi Sumbar Tahun 2023, di Hotel Pangeran Beach, Padang, Senin (28/3/2022).

Diharapkan, katanya, dalam penyusunan RKPD 2023 ini, pikiran dan masukan dari penyandang disabilitas harus diakomodasi. 

Hal ini tak terlepas dari suara penyandang disabilitas atas masih minimnya fasilitas dan akses khusus di fasilitas umum dan ruang publik bagi disabilitas.

Sebagaimana disampaikan Antoni Tsaputra, Ph.D, seorang penyandang disabilitas yang berprofesi sebagai Dosen FIP UNP sekaligus peneliti Australia-Indonesia Disability Research and Advocacy Network. 

Ia mengatakan, penyandang disabilitas yang jumlahnya cukup banyak di Sumbar sangat berkeinginan mendukung pemerintah sebagai bagian penting dan tak terpisahkan dari pencapaian agenda pembangunan berkelanjutan. 

"Mohon pada bupati walikota, apa pun program pembangunan, tolong diingat bahwa ada masyarakat kita yang memiliki kondisi kebutuhan yang berbeda," kata Antoni. (Ghina)

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar
Berita Terpopuler