Samakan Persepsi, Pemkab Agam Dorong Pendidikan Unggul

Jumat, 25 Maret 2022 21:28 WIB

Share
Suasana rapat virtual di ruang rapat Bupati Agam
Suasana rapat virtual di ruang rapat Bupati Agam

SUMBAR.POSKOTA.CO.ID - Untuk mewujudkan pendidikan Kabupaten Agam menjadi unggul, dalam penyamaan persepsi tentang desain pelaksanaan dan strategi implementasi motto pendidikan Kabupaten Agam "CAKAP”, di adakan rapat secara virtual di ruang rapat Bupati Agam, Kamis, (24/3/2022).

Tenaga Ahli Bupati Bidang Pendidikan menyampaikan, bahwa pentingnya motto pendidikan di Kabupaten Agam.

Beliau memaparkan motto ini bukan hanya sekadar motto, namun dapat mewakili nilai-nilai Olah fikir, Olah rasa, Olah hati, Olah raga. 

"Sehingga tercetus lah konsep motto “CAKAP” yang mempunyai arti Cerdas, Aktif, Kreatif, Adat, Perilaku," paparnya. 

Dalam penyamaan persepsi tersebut, ada beberapa poin yang menjadi fokus dalam mengimplementasikan CAKAP yaitu, menyelesaikan ruang lingkup dari CAKAP serta ukuran yang ingin dicapai, kemudian  mendapatkan masukan dari tenaga ahli dan stakeholders internal dan eksternal.

Selanjutnya, peran masing-masing komponen, proses sosialisasi secara menyeluruh dan bertahap sesuai dengan sasaran, penguatan kapasitas guru dalam menemukan inovasi pembelajaran dan ruang lingkup pendidikan dengan memperkuat keterlibatan orangtua dalam proses pembelajaran di rumah.

Pada tahun ini akan dilakukan piloting terhadap sekolah-sekolah terseleksi mulai dari jenjang pendidikan TK, SD, SMP, hingga SMA/MAN. Kemudian akhir tahun 2022 ini, akan dilanjutkan dengan evaluasi atau review terhadap implementasi yang dilakukan sebelumnya.

Sekretaris Daerah Kabupaten Agam Edi Busti, mendukung konsep motto “CAKAP” dan meminta agar segera di koordinasikan dengan dinas pendidikan dan OPD terkait.

Selain itu, juga diminta seluruh OPD terkait untuk mendukung kegiatan ini dan mensosialisasikan tentang konsep motto “CAKAP” agar lebih dikenal oleh masyarakat," tutupnya. (Warman)

Reporter: Admin Local
Editor: Admin Local
Sumber: -
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar
Berita Terpopuler