Bupati Agam Percayakan Pendidikan Adat Istiadat Kepada Yus Dt Parpatiah

Selasa, 22 Maret 2022 15:02 WIB

Share
Angku Yus Dt Parpatiah (Foto: Ist)
Angku Yus Dt Parpatiah (Foto: Ist)

SUMBAR.POSKOTA.CO.ID - Bupati Agam Sumatera Barat Andri Warman memercayakan pendidikan adat istiadat Minangkabau, sebagai program unggulan pendidikan, kepada Angku Yus Dt Parpatiah, karena budayawan Minangkabau ini sangat memahaminya.

Guna membicarakan itu, Andri Warman berkunjung ke rumah Angku Yus Dt Parpatiah, di Sungai Batang, Kecamatan Tanjung Raya, Senin (21/3/2022).

Bupati menjelaskan, kunjungan tersebut membahas kepastian dilaksanakannya salah satu program unggulan bidang pendidikan sektor adat istiadat di daerah.

"Kita berupaya pendidikan adat istiadat dimulai setelah lebaran tahun ini,” ujar bupati.

Ia mengatakan, sudah lama membicarakan pengembangan pendidikan adat istiadat ini dan mendapat dukungan dari Angku Yus Dt Parpatiah.

Namun, ia mengakui, penetapan nagari yang jadi wilayah pertama untuk dilaksanakan pendidikan, ia serahkan sepenuhnya kepada Angku Yus Dt Parpatiah.

Sementara itu Angku Yus Dt Parpatiah mengatakan, pendidikan adat istiadat perlu dikembangkan pada generasi muda, karena tidak sedikit anak milenial sekarang yang tidak paham dengan budaya Minangkabau.

Guna mengembangkan pendidikan adat istiadat Minangkabau, Angku Yus Dt Parpatiah telah mencetak buku karya sendiri berjudul 'Menyingkap Wajah Minangkabau', tahun ini. 

"Semoga bisa jadi pemahaman bagi masyarakat terutama generasi muda,” katanya.

Buku edisi perdana yang sudah dicetak sebanyak 250 eksemplar dan telah disebar di berbagai wilayah. Sedangkan untuk edisi kedua, direncanakan akan dicetak bupati. 

Halaman
Reporter: Admin Pusat
Editor: Yusrizal Karana
Sumber: -
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar