Dekranasda Bukittinggi Usung 15 UMKM Ikuti Pembinaan dan Identifikasi Produk

Minggu, 13 Maret 2022 00:40 WIB

Share
Foto: Dinas Kominfo Kota Bukittinggi
Foto: Dinas Kominfo Kota Bukittinggi

SUMBAR.POSKOTA.CO.ID - Pemerintah Kota (Pemko) Bukittinggi melalui Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kota Bukittinggi mengusung 15 usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) untuk mengikuti kegiatan pembinaan dan identifikasi produk UMKM. 

Calon peserta Temu Bisnis Tahun 2022 tersebut difasilitasi oleh Pemerintah Provinsi (Pemprov) dan Dekranasda Provinsi Sumatera Barat. Kegiatan pembinaan dan identifikasi dimaksud diselenggarakan di gedung pertokoan Pasar Atas Bukittinggi, Sabtu, (12/3/2022).

Ketua Dekranasda Kota Bukittinggi, Fiona Erman Safar, dalam sambutannya mengatakan, Pemko dan Dekranasda Kota Bukittinggi sangat antusias menyambut kegiatan pembinaan dan identifikasi tersebut. Sebanyak 15 UMKM di Kota Bukittinggi yang terdiri dari pelaku usaha bordir, sulaman, batik, rajutan, kerajinan kayu, dan sebagainya dihadirkan dalam kegiatan ini.

“Kelima belas UMKM yang kami hadirkan ini merupakan UMKM yang memproduksi produk unggulan di bidang kerajinan masing-masing,” kata Fiona.

Lanjut Fiona, dengan segala potensi yang dimiliki kelima belas UMKM yang mengikuti pembinaan dan identifikasi ini, pihaknya yakin kelima belas UMKM tersebut layak diloloskan oleh Dekranasda Provinsi Sumatera Barat (Prov. Sumbar) untuk mengikuti kegiatan temu bisnis. 

Salah satu upaya pengembangan UMKM tersebut adalah dengan ditandatanganinya nota kesepahaman (MoU) antara Pemko Bukittinggi dengan Pemko Solo dalam hal kerjasama pembinaan batik di Kota Bukittinggi, beberapa waktu lalu. 

“Hal ini bertujuan untuk menumbuhkan dan mengembangkan industri batik di Kota Bukittinggi,” jelasnya. 

Sementara itu, Nasrizal, Kabid. Pemberdayaan UKM, Dinas Koperasi dan UMKM Prov. Sumbar, mewakili Ketua Dekranasda Prov. Sumatera Barat menyampaikan, pelaksanaan kegiatan pembinaan dan identifikasi ini adalah sebagai ajang persiapan sebelum dilaksanakannya kegiatan temu bisnis. 

“Temu bisnis pertama rencananya akan kita laksanakan tanggal 24 Maret nanti di Jakarta. Selanjutnya Medan, Aceh, dan terakhir di Batam. Pelaksanaan temu bisnis ini sebagai momen pengembangan pemasaran produk UMKM Sumatera Barat,” ucapnya. (Warman)

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar
Berita Terpopuler