Diduga Ledakan Tabung Gas Bocor, 2 Warga Mengalami Luka

Sabtu, 12 Maret 2022 16:30 WIB

Share
Foto: Dinas Kominfo Kota Payakumbuh
Foto: Dinas Kominfo Kota Payakumbuh

SUMBAR.POSKOTA.CO.ID - Pemadam Kebakaran Kota Payakumbuh bergerak cepat ke Kelurahan Pakan Sinayan Kecamatan Payakumbuh Barat setelah mendapat laporan adanya ledakan di rumah warga, Sabtu (12/3/2022) pagi.
 
Kabid Damkar Kota Payakumbuh, Budi Kurniawan mengatakan, peristiwa naas itu terjadi di rumah seorang Aparatur Sipil Negara (ASN) Kota Payakumbuh berinisial TH (42), selain TH yang mengalami luka, juga menjadi korban dari peristiwa itu anak dari TH yang berinisial YY.

"Ledakan rumah itu bukan karena tabung gas yang meledak, namun diduga karena gas yang bocor dan terkurung didalam rumah/ruangan adanya pemicu atau mendapat percikan sehingga terjadi ledakan," kata Budi.

Budi juga mengapresiasi kecepatan pelaporan dari masyarakat, sekitar pukul 9.20 WIB pihaknya mendapat laporan dari masyarakat untuk permintaan bantuan, ketika Damkar sampai di lokasi kejadian sudah terjadi ledakan yang mengakibatkan rumah hancur.

"Korban masih dirawat di rumah sakit, kami belum dapat kronologisnya seperti apa, kondisi rumah hancur di bagian pintu kamar, plafon, dan kamar mandi," terangnya.

Budi juga mengingatkan kepada masyarakat jika terjadi kebocoran gas jangan pernah menyalakan atau mematikan lampu termasuk menyalakan api (Kompor-red ), langkah yang harus dilakukan adalah membuka jendela dan pintu agar gas keluar, regulator dibawa keluar ruangan.

"Jika terjadi kebocoran gas, segera buka pintu dan jendela dan jangan pernah menghidupkan/mematikan listrik karena hal itu akan memicu api atau ledakan dari gas bocor yang terkumpul," tutupnya. (Warman)

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar
Berita Terpopuler