Unand Kembangkan 11 Program Studi Baru di Kota Payakumbuh

Sabtu, 22 Januari 2022 08:48 WIB

Share
Walikota Payakumbuh Riza Falepi bersama Wakil Rektor Unand Prof. Dr. Mansyurdin membahas rencana pembukaan Prodi. (Foto: Humas Pemko Payakumbuh)
Walikota Payakumbuh Riza Falepi bersama Wakil Rektor Unand Prof. Dr. Mansyurdin membahas rencana pembukaan Prodi. (Foto: Humas Pemko Payakumbuh)

SUMBAR.POSKOTA.CO.ID - Universitas Andalas ( Unand) akan membuka program studi (prodi) S-1 dan S-2 di Kota Payakumbuh. Guna mewujudkan rencana itu, akan dilakukan perjanjian kerjasama dengan Pemko Payakumbuh.

Wakil Rektor Unand Prof. Dr. Mansyurdin menyampaikan kedatangan mereka, untuk berdiskusi dengan Pemko Payakumbuh terkait pengembangan prodi baru di Kampus II Unand di Kota Payakumbuh. 

"Nanti akan ada perjanjian kerjasama antara Pemko Payakumbuh dengan Unand," ujarnya usai rapat koordinasi pembukaan program S1 dan S2 tahun 2022 Unand dengan Walikota Riza Falepi, di Balaikota, Jumat (21/1/2022).

Ia menjelaskan, ada 11 prodi S1 dan S2 yang siap dibuka di Kota Payakumbuh, seperti peternakan, ekonomi, hukum, kedokteran hewan, farmasi, keperawatan, teknologi informatika, kesehatan masyarakat, dan lainnya.

Nanti berdasarkan hasil pemetaan kebutuhan dan data di lapangan, prodi yang dibuka ini sesuai dengan kebutuhan Payakumbuh dan Limapuluh Kota, kata Mansyurdin.

Walikota Payakumbuh Riza Falepi menyambut baik rencana Unand yang akan mengembangkan Program S1 dan S2 di Kampus II yang terletak di Kelurahan Tiakar, Kecamatan Payakumbuh Timur.

"Saya sangat mendukung karena selain memperbaiki kualitas pendidikan, juga perekonomian masyarakat," ujarnya.

Dengan adanya pembukaan prodi di kota ini, katanya, masyarakat tak perlu khawatir lagi menguliahkan anak mereka jauh-jauh ke luar kota.

Riza juga menerangkan, di Sumatera Barat sumber daya alamnya terbatas, maka yang bisa diharapkan adalah pola pikir yang punya nilai tambah, yakni excellent center, kampus atau universitas. 

Center of excellence adalah pusat kajian dan pelatihan ilmu dan kompetensi pada berbagai bidang baik bagi akademisi, praktisi pada bidangnya, dan mahasiswa.

Halaman
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar
Berita Terpopuler