PMI Sumbar Kerahkan Bantuan Evakuasi Korban Banjir

Kamis, 19 Agustus 2021 05:46 WIB

Share

Padang - Hujan lebat yang mengguyur Kota Padang sejak Rabu sore pukul 16.00 WIB, mengakibatkan sebagaian wilayah Kota Padang terendam banjir. 

Ketua Bidang Penanggulangan Bencana PMI Sumbar, Jasmarizal mengatakan berdasarkan laporan warga yang masuk ke Posko PMI Sumbar hingga Rabu malam pukul 21.37 WIB, banjir telah melanda 11 wilayah di Kota Padang. 

Menanggapi situasi tersebut, Tim Tanggap Darurat Bencana (TDB) PMI Sumbar dikerahkan untuk evakuasi warga (19/6/2021).

Kepala Markas PMI Sumbar, Hidayatul Irwan selaku pimpinan operasi melaporkan operasi tanggap darurat banjir ini mengutus 25 personil yang merupakan satuan siaga bencana PMI Sumbar dan relawan PMI Kota Padang. 

Menggunakan 3 unit kendaraan medan, 1 unit ambulans dan 3 unit perahu karet. 

"Personil kami sebar dibeberapa titik lokasi. Ada yang di daerah RSUD Padang, Sungai Lareh, Griya, Dadok Tunggul Hitam dan Simpang Kalumpang." ungkap Hidayat. 

Selain PMI, beberapa relawan dari SAR Padang dan potensi SAR juga ikut membantu jalannya evakuasi ini.

Proses evakuasi hingga pagi ini masih berlangsung.  

Di daerah Simpang Kalumpang, Lubuk Buaya Kecamatan Koto Tangah, genangan air sudah mencapai tinggi badan orang dewasa. Beberapa warga sudah dievakuasi  ketempat yang lebih aman. 

Evakuasi dilanjutkan menuju Kampus Universitas Perintis Indonesia. Berdasarkan laporan warga, masih ada 4 orang warga yang diduga mahasiswa terkepung di kawasan tersebut.

Halaman
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar
Berita Terpopuler